Sugeng Pinarak Ing Alam Lamunanipun Tiang Ndusun

Custom Search

Tuesday, November 4, 2008

Harapan anak petani !!!

Sebagai seorang anak desa/petani, apakah saya berlebihan jika saya mengharapkan adanya kemajuan di bidang pertanian?
Walaupun saat ini saya masih bekerja di negeri orang, tapi bagaimanapun toh saya tidak akan terus bekerja pada orang selamanya.
Karenanya, suatu saat nanti apabila modal sudah mencukupi saya akan kembali juga ke desa pertiwi dengan harapan pertanian di kampung bisa maju demi untuk keberlangsungan kehidupan keluarga saya dan orang-orang desa tentunya. jika di lihat sekarang sepertinya semakin hari pertanian kurang mendapatkan perhatian di kalangan anak-anak muda. Sepertinya pertanian sudah bukan hal yang menarik untuk dipelajari dan dilakukan.
Hampir di seluruh pelosok pedesaan, selepas lulus sekolah mereka lebih tertarik untuk melakukan urbanisasi, pindah ke kota hanya untuk mencari kerja, sementara lahan di kampungnya ditelantarkan, dibiarkan hanya ditumbuhi ilalang dan tanaman liar lainnya.
Apakah memang harus begini adanya, terus sampai kapan?
Sungguh sangat memprihatinkan.....!!!
Sebetulnya akar permasalahanya adalah kurangnya perhatian dari pihak pemerintah, selama ini pemerintah lebih memajukan sektor industri, yang hanya bisa menyerap sebagian tenaga kerja.
Coba seandainya pemerintah kita membuat alat-alat pertanian seperti traktor dengan harga yang disubsidi dan terjangkau bagi para petani, seandainya pemerintah membuat pabrik pupuk dengan harga terjangkau, seandainya pemerintah memberikan pendidikan gratis bagi para remaja desa untuk bertani, seandainya pemerintah tidak melakukan import produk pertanian, seandainya pemerintah mau menampung hasil pertanian dikala panen melimpah, seandainya pemerintah mampu menghilangkan para tengkulak dan segudang andai-andai lainnya, saya rasa para kawula muda tidak malu bertani dan pertanian kita bisa bangkit dan mampu menopang ketahanan dan swasembada pangan.