Sugeng Pinarak Ing Alam Lamunanipun Tiang Ndusun

Custom Search

Thursday, January 15, 2009

Do'aku !!

Situasi menjadi lebih parah setelah kita berdoa. Benang kusut dalam masalah kita semakin ruwet setelah kita selesai mengatakan amin dan membuka mata. Yah, kita berdoa namun situasinya justru semakin memburuk. Bukankah hal yang seperti ini seringkali kita alami? Doa kita tak dikabulkan, demikian pikiran kita berkata.
Kita berdoa agar Allah menyelesaikan masalah kita, tapi masalah itu tetap ada.Kita berdoa namun tetap saja kita terbelit hutang yang banyak.Kita berdoa dan orang yang kita kasihi tetap meninggalkan kita. Kita jadi ragu dengan kuasa doa. Kita jadi ragu dengan janji-janji Allah. Bahkan kita mempertanyakan keberadaan Allah. Kita mempertanyakan sifat Allah yang penuh kasih sayang, penuh keadilan dan yang selalu memelihara umatNya sebab keadaan menjadi sangat bertolak belakang dengan apa yang kita doakan selama ini
Doa bukanlah pemulihan instan. Doa bukan penyelesaian kilat atas setiap masalah yang kita hadapi. Doa bukan garansi untuk menerima apa yang kita minta. Lebih daripada itu, doa adalah menyelaraskan kehidupan kita kepada kehendak Allah. Doa adalah mempercayai bahwa Allah tahu yang terbaik bagi kehidupan kita. Benar kata orang skeptis bahwa doa tak selalu berhasil, tapi ingat bahwa "doa yang tak berhasil" ini justru akan membawa kebaikan pada diri kita pada akhirnya. Jadi ketika doa kita belum dijawab, seharusnya bukan keluhan atau persungutan yang keluar dari mulut kita. Sebaliknya mempercayai bahwa Allah punya maksud dan rencana yang luar biasa. Lebih dari apa yang selama ini kita pikirkan dan kita doakan!