Sugeng Pinarak Ing Alam Lamunanipun Tiang Ndusun

Custom Search

Sunday, August 23, 2009

Hari Pertama di bulan puasa

KE HIROSIMA MEMBELI PULSA,KANG ABDULLAH MAIN SELANCAR,HARI PERTAMA AKU PUASA,ALHAMDULLILLAH BERJALAN LANCAR (pesan dari kang heri safalas).

Ya Alhamdulillah hari pertama aku menjalankan ibadah puasa berjalan dengan lancar dan tanpa gangguan apapun. Meski sore hari sebelumnya keadaan sempat memanas hingga rencana mau berangkat ke masjid Shalat Tarwih pun akhirnya batal padahal udah siangnya sudah janjian dengan mbak Maria dan Sofi.. tapi berhubung aku gak jadi berangkat keduanya juga akhirnya libur. Tidak tau kenapa tiba-tiba angin mulai bergelora.. sore itu bosku pulang agak lambat dan dan begitu sampe di rumah langsung ngomelin anaknya.. dah gitu aku juga sempet kena smprot di karenakan masak nasi kebanyakan. Ya lah memang aku sengaja masak banyak ingatkan kan biar bisa buat sekalian sahur.. eh ternyata sore itu anak-anak pada gak mau makan ya akhirnya nasinya jadi terkesan lebih banyaknya.. karena Bosku makan malamnya lambat maka janjian mau berangkat Tarwih aku batalkan. Tapi alhamdulillah puasanya berjalan dengan lancar. Aktifitasku seperti biasa.. bila hari sabtu pagi aku pergi ke rumah nenek nyetrika, sekitar pukul satu aku pulang eh ternyata Bosku lagi kemas-kemas lemari.

Waktu pagi sebelum aku berangkat ke rumah nenek memanglah kakak sempat menyuruhku agar pesan kardus Pos TKI satu lagi karena kalo satu barangnya gak muat karena kakak mau kasih barang lagi. semula aku memang tidak usah karena aku pikir memang muatmemangsi komputer belum masuk, lagipun bulan yang lepas aku baru saja kirim barang dan lagi kardus yang ini pun sebetulnya ada titipannya mar banyak kenapa aku harus pesan kardus lagi. ternyata barang-barang kakak yang di dalam lemari semuanya di keluarkan korden, seprei, bedcover, cadar dll semuanya di kasihkan ke aku di suruhnya kirim ke kampung.. ya akhirnya harus pesan kardus lagi dech.. dan akhirnya mengemas lemari sampe sore.

Menjelang buka puasa.. menu buka di hari pertama aku hanya buat roti sardines dan bikin bihun goreng cukup sederhana. Ya bosku memanglah selalu berpesan kalau waktu puasa masak jangan banyak-banyak, jangan semuanya di sediakan untuk buka, kita puasa bukan berarti buka puasa makanan di meja harus penuh.. tho perut kita juga tidak bisa menampung banyak makanan, apalagi perut habis di kosongkan seharian jadi cukup apa yang ada.. sederhana saja.. karena berpuasalah waktunya kita bisa berjimat.

Hm... tapi kayaknya kalau di renungkan memang benar juga nasehat bosku, kita memang harus berhemat, untuk apalah kita harus berfoya-foya semua makanan di sediakan untuk buka kalau tidak termakan tho akhirnya makanan itu terbuang begitu saja. Sedangkan Nabi Muhamad SAW saja buka puasa hanya cukup dengan beberapa biji kurma. Tho kalau kita berhemat ada harta lebih kita bisa membayar Zakat/berbagi rejeky dengan orang yang memerlukan.. mungkin begitu akan lebih baik, dan pahala kita juga insya allah akan lebih banyak... betul gak?.