Sugeng Pinarak Ing Alam Lamunanipun Tiang Ndusun

Custom Search

Monday, February 9, 2009

Garam

Garam yang kita kenal selama ini adalah barang yang sangat sederhana namun mempunyai arti penting bagi manusia. Hanya seonggok bubuk yang harganya sangat murah, namun tanpa kehadiran garam masakan kita pasti menjadi hambar. Koki sehebat apapun pasti akan kesulitan bila harus mengolah masakan bila tidak ada garam. Boleh jadi kita memiliki masakan mewah yang satu porsi harganya bisa mencapai jutaan rupiah, namun tanpa garam masakan mewah itu tak menjadi mewah lagi, sebab akan kehilangan cita rasa yang lezat.

Seperti yang kita tahu bahwa garam itu terdiri dari dua unsur, yaitu Natrium (Na) dan Chlorida (Cl). Kedua unsur ini adalah unsur utama yang membentuk menjadi garam. Bila kedua unsur ini dipisahkan maka yang terjadi adalah sebaliknya. Natrium dan Chlorida pada dasarnya ialah racun. Jadi bila kedua unsur ini berdiri sendiri maka akan mengkontaminasikan suatu masakan.
Jika Allah menyebut kita sebagai garam dunia, itu berarti mau tidak mau, senang tidak senang kita harus mau dipersatukan. Tanpa kita memiliki persatuan dapat dipastikan kita akan menjadi racun bagi orang-orang di sekitar kita.