Sugeng Pinarak Ing Alam Lamunanipun Tiang Ndusun

Custom Search

Thursday, April 23, 2009

Makin lama Hidup makin stress


hmm.... merenung mode on. berfikir sejenak mengenai kehidupan.
Manusia... makin bertambah usianya makin banyaklah permasalahan yang harus di hadapi karena makin banyak keinginan yang ingin di capai. aku sendiri bingung dengan kehidupan ini, sebetulnya apa yang aku cari di dunia ini aku sendiri tidak pasti.. yang jelas rasa iri hati dalam diri selalu ada, jika orang lain punya ini dan itu aku sendiri ingin memilikinya seterusnya dan seterusnya.. rasa iri tidak pernah hilang dalam diri manusia.. karena rasa irilah manusia sering kali khilaf menghalalkan apa saja demi tercapainya keinginan.. kononya bila kenginannya tercapai maka akan bahagialah hidupnya.. padahal belum tentukan manusia yang bisa mencapai keinginannya hidupnya akan bahagia.. tapi itulah yang terjadi di dunia semua manusia berlomba-lomba ngejar yang namanya kebahagiaan.. termasuk diriku.. padahal aku sendiri tidak tau seperti apa yang namanya kebahagiaan.. dan ada di mana tempatnya? kata orang-orang pintar sich katanya kebahagiaan ada pada hati dan pikiran kita.. benar apa nggak ya...
"Dalam kehidupan yang serba ada apabila kita tidak bisa menyikapi hidup, maka kita akan terombang-ambing dalam kenistaan yang sangat menyiksa Padahal semua itu terjadi karena ulah dan pikiran kita yang selalu memanjakan segala sesuatu yang sebenarnya tidak ada artinya alias semu.
untuk bisa menyikapi hidup tidak gampang, Semua itu harus diawali dengan hati dan pikiran kita yang bersedia hidup apa adanya. Akan tetapi, bukan berarti kita lalu tidak mau bekerja. Bekerja harus dilakukan karena itu kewajiban.
Sebab pada dasarnya hidup berkecukupan berlimpah harta atau tidak punya, itu sama saja hakikatnya.
Bagi orang berlimpah harta ataupun mereka yang tidak punya, buktinya sama-sama bisa stres dan depresi. Orang yang berlimpah harta, bila selalu memikirkan hartanya apalagi takut kalau sampai hartanya hilang dicuri juga bisa stress.
Begitu juga bagi mereka yang tidak punya, karena selalu berkhayal ingin punya harta tapi tidak bekerja lama-lama juga bisa depresi. ''Jadi banyak harta atau tidak itu sama saja, tergantung bagaimana kita menyikapinya." Begitu katanya... ya udah kita nrimo ing pandum ajah ya... biar bisa menggapai kebahagiaan...