Sugeng Pinarak Ing Alam Lamunanipun Tiang Ndusun

Custom Search

Monday, April 27, 2009

Pertanian Usaha Masa Depan

Nasehat Ibuku kepada anak-anaknya; "Anak-anaku kalau kalian nanti sudah pada jadi orang, sudah pada berumah tangga bila kalian ingin menjadi pengusaha berdagang ataupun bisnis lainnya jangan sesekali kalian tinggalkan pertanian, biarpun kalian sibuk dengan usaha, kalian harus bisa sesekali menjenguk sawah, karena pertanian itu adalah saka guru dari segala macam usaha maka janganlah kau tinggalkan" kurang lebih dalam bahasa Indonesia begitulah pesannya kira-kira.. maka dari itu sejak diriku masih duduk di bangku MI kelas 3 diriku sudah di ajarin tanam padi oleh ibuku.
Hmm.... setelah aku cermati kata-kata ibuku memang bener pertanian adalah saka guru segala macam usaha.. ibarat sebuah rumah pertanian adalah tiang yang paling kokoh yang tidak boleh di hilangkan, karena jika di hilangkan maka rumah itu akan roboh..
Ya semua manusia yang pengusaha, pejabat dan lainnya semua membutuhkan makanan untuk tetap bertahan hidup selamanya makanan tidak akan pernah tidak di butuhkan oleh manusia.. dan makanan asalnya dari pertanian/orang-orang tani jika manusia tidak ada yang mau jadi petani maka hancurlah dunia karena tidak ada bahan makanan.

Kemaren sore diriku sempat ngobrol dengan sahabat baikku di dunia maya.. kita membahas soal usaha.. dan menanyakan apa rencanaku jika pulang ke Indonesia nanti mau cari kerja di Indonesia ataukah mau buka usaha sendiri?
Ya.. cita-citaku sich kepengin buka usaha sendiri di kampung yang bisa di sambi sambil bercocok tanam tapi kalau diriku tidak bisa membuka usaha ya udah aku mau jadi petani ajah... tidak apa-apa kok aku sudah biasa ngode tandur di kampung.. temenku itu hampir tidak percaya kalau diriku mau jadi buruh tani di kampung. "kalau nggak percaya ya sudah" mana ada sich orang yang mau percaya jaman sekarang ada orang muda yang biasa merantau di kota di kampung mau terjun ke sawah buruh tandur, buruh matun, derep dll. tapi itulah kerjaanku jika di kampung.. biar terkadang di omongin tetangga jadi bahan cibiran aku nggak peduli kok wong kita cari makan sendiri... tho sebagai manusia kita perlu menyesuaikan diri dengan lingkungan bila aku berada di desa makan aku akan jalani hidup seperti orang desa dan jika aku kembali keperantauan hidup di kota maka aku akan jalani hidupku sebagaimana orang-orang kota.. itu adalah prinsip hidupku.