Sugeng Pinarak Ing Alam Lamunanipun Tiang Ndusun

Custom Search

Tuesday, July 28, 2009

Diskusi Bersama IFN dan SBMI

Sekitar satu tahun yang lalu aku pernah mendaftarkan diri turut berpartisipasi menjadi anggota IFN (Indonesia familly Network) akan tetapi semenjak mendarftar aku memang tidak pernah aktif dalam kegiatan IFN. Selain karena waktu liburku sudah aku isi dengan kegiatan-kegiatan dari berbagai tempat dan komunitas juga karena aku tidak pasti dengan kegiatan yang IFN adakan.

Baru kali ini aku menyempatkan diri mengikuti forum dialog yang di selenggarakan oleh IFN dan SMBI dari jakarta. Acara yang mengambil tema "Investasi Menabung" tersebut cukup bagus dan cukup menggerakan hati karena menyangkut soal masa depan. Haya saja acara yang bertempat di golden mile yang aku rasa cukup bermanfaat bagi buruh minggran Indonesia ini tidak di hadiri oleh ramai orang, karena hanya beberapa anak saja yang hadir.

Ketika aku sampai di golden mile acara forum dialog yang di selenggarakan IFN dan SBMI tersebut sudahpun di mulai dan sudah hampir satu jam. begitu aku masuk aku di haruskan memperkenalkan diri terlebih dahulu kepada peserta dialog yang lain. Pertanyaannya pun sudah tertera di dinding papan tulis yang di tempel dengan kertas putih. Pertanyaan yg di ajukan sebagai berikut:
1. Siapakah anda?
2. Apa yang anda inginkan dalam kehidupan keseharian anda ?
3. Apa yang anda inginkan di singapore
Sebuah pertanyaan yang aku rasa cukup sederhanya singkat namun mengandungi banyak makna dalam kehidupan yang sedang kita jalani serta mampu menyadarkan kita bahwa kita sebagai manusia harus memiliki mimpi/tujuan hidup atau gol dalam kehidupan kita.

Dengan penuh antusiasi dan seksama aku dengarkan penjelasan-penjelasan dari pembimbing dialog Mbak Ika Irwaniati yang datang langsung dari jakarta. Banyak sekali masukan-masukan yang aku dapatkan dari forum tersebut terutama masalah Reintegrasi Sosial dan Reintregrasi Ekonomi yang sering di hadapi oleh seorang buruh migran ketika pulang ke kampung halamannya. Oleh karena itu Investasi menabung sebelum pulang ke kampung halaman sangat penting bagi buruh migran untuk bekal meneruskan kehidupannya di kampung halamannya nanti.